You are here
Home > Lifestyle

4 Tips Cerdas Agar Belanja Diskon Idul Fitri Bisa Sesuai Kebutuhan

Menunggu diskon Idul Fitri adalah pilihan tepat agar bisa belanja dengan hemat menjelang hari raya tersebut. Pasalnya sejak awal bulan Ramadhan banyak toko online maupun toko konvensional membagikan diskon besar-besaran. Ketika iman tidak kuat maka dipastikan akan belanja produk diskon tersebut, saking murahnya hingga tidak memikirkan apakah nantinya akan berguna atau sebaliknya. Saat berbelanja memang dibutuhkan ketelitian, baik saat memilih kualitas produk sampai produk mana saja yang aman untuk dibeli.

Diskon Idul Fitri 2018

Saat pesta diskon menjelang Idul Fitri banyak orang yang mengaku kesulitan mengendalikan hasrat berbelanja, karena sudah tergiur dengan angka diskon yang dicetak tebal-tebal. Padahal selama Ramadhan Anda berpuasa wajib dan dianjurkan untuk menumbuhkan sifat sabar serta menghindari perbuatan tercela, dan sayangnya boros termasuk perbuatan tercela tersebut. Oleh sebab itu usahakan membeli barang yang pas dengan kebutuhan dan abaikan keinginan membeli produk murah yang sebenarnya tidak diperlukan.

Tips Tetap Belanja Sesuai Kebutuhan

Bagi Anda yang setiap tahunya selalu menikmati diskon Idul Fitri dan berakhir dengan bobolnya isi rekening atau dompet. Maka pastikan tahun ini belanja sesuai kebutuhan, berikut tips untuk bisa melakukannya:

  1. Menyusun daftar belanja,

Menyusun daftar barang atau kebutuhan apa saja yang ingin dibeli dari situs belanja online maupun konvensional. Bisa melepaskan Anda dari kemungkinan belanja berlebihan karena sudah membuat daftarnya dulu. Sekiranya masih ada sisa anggaran karena total belanja lebih hemat berhubung ada diskon, barulah bisa dipakai membeli barang di luar kebutuhan namun pastikan harganya sesuai.

  1. Mampir ke tempat belanja terbaik,

Berkunjung ke tempat belanja yang salah untuk menikmati promo selama Idul Fitri dijamin akan belanja melebihi target. Mengapa? Sebab bisa jadi menjumpai produk menarik dan harganya dirasa masih bisa dijangkau kantong. Ending-nya tentu saja budget belanja menjadi membengkak, maka sejak awal pilih tempat belanja dengan cermat. Jika hendak membeli baju langsung masuk ke toko baju favorit agar tidak menggaet barang lainnya.

  1. Hanya membawa uang tunai,

Solusi praktis namun efektif menghentikan aksi brutal belanja saat diskon lebaran digelar adalah dengan selalu membawa uang tunai dan jumlahnya dibatasi. Usahakan tetap memberikan jumlah agak lebih banyak untuk jaga-jaga jika total belanja melebihi angka yang di tafsir dari rumah. Tinggalkan dulu segala jenis kartu transaksi baik kartu debit maupun kredit karena bisa memancing keinginan membeli lebih banyak barang, sehingga akhirnya boros.

  1. Pastikan tidak emosional saat berbelanja,

Belanja di tengah pesta diskon baiknya dilakukan saat tubuh terasa segar, fit, dan bukannya karena marah, menahan kesal, atau mungkin kondisi emosional tidak menguntungkan lainnya. Saat stress pikiran menjadi sulit dikendalikan dan lebih sesuka hati sehingga rentan menghabiskan dana di rekening sekali berkunjung ke tempat belanja. Baiknya pastikan kondisi pikiran tenang, titipkan anak ke orang rumah, dan belanja dengan akal sehat agar tidak boros.

Berbelanja dengan cerdas adalah ketika tahu betul apa saja yang hendak dibeli dan mengikuti pengetahuan tersebut. Hanya saja masyarakat modern cenderung melakukan sebaliknya tidak peduli pada laki-laki maupun perempuan. Melalui tips-tips yang dijabarkan di atas diharapkan keinginan belanja bisa lebih mudah dikendalikan sehingga tidak melebihi kemampuan finansial. Kemudian memastikan tidak ada barang yang mubadzir, saat diskon lebaran pun dijamin tetap seru dan mengasyikan. Maka sebelum diskon Idul Fitri dinikmati pastikan paham tips di atas.

Leave a Reply

Top