You are here
Home > Travelling

5 Lokasi Terbaik di Crete Berdasarkan Popularitasnya

Crete merupakan pulau terbesar di Kepulauan Greek. Bahkan masuk dalam 4 besar pulau terbesar di Mediterania, sejauh 318 kilometer di sebelah selatan pelabuhan Athens, Piraeus. Tanahnya sangat subur, iklimnya relatif cerah. Pulau ini kerapkali dijadikan situs arkeologi kuno sekaligus tempat terbaik untuk mencoba pantai-pantainya. Ini 5 lokasi terbaiknya.

Lokasi Crete
Pic Teleghraph.co.uk

Samaria Gorge

Sebelum meniatkan diri untuk liburan ke Pulau Crete, daftarkan diri dulu lewat travel insurance. Biar selama perjalanan lepas dari rasa cemas karena telah dijamin fasilitas berupa bantuan 24 jam. Nah, Samaria Gorge ini berada di dalam Taman Nasional Samaria. Biasanya baru dibuka untuk para pengunjung di seluruh dunia bulan Mei sampai Oktober.

Di hari-hari yang sibuk, rata-rata orang yang mendaki Samaria Gorge sebanyak 3.000. Perjalanan itu sendiri bisa menghabiskan waktu mulai dari 4  hingga 6 jam. Banyak jalanan berbatu yang cukup menantang nyali para turis. Letak keunikan dari Samaria Gorge memang dari perjalanan melewati bukit bebatuan itu.

Istana Knossos

Dulu ada seorang raja legendaris bernama Raja Minos. Dia memerintah pada peradaban sebelum Zaman Perunggu-nya bangsa Greek. Raja Minos itu sendiri merupakan penguasa lautan Mediterania yang pertama sepanjang sejarah. Oleh karena itu, banyak kompleks yang monumental di halaman istana.

Untuk menjelajahi Istana Knossos, Anda wajib memahami lebih dulu map istana. Soalnya terdapat sekitar 47 ruangan yang besar-besar. Banyak turis yang baru singgah rupanya tersesat. Apakah Anda tahu tahun berapa istana ini didirikan? Tepatnya pada tahun 1450 SM atau sebelum Masehi. Tentu saja bangunannya sudah banyak mengalami pemugaran.

Chania

Orang-orang Crete ada yang menyebutnya Hania ataupun Khania. Letaknya berada di Pulau Crete bagian barat. Chania seringkali dijadikan tempat untuk jalan kaki terbaik di Greece. Bangunan demi bangunan yang berbaris di sepanjang jalan berwarna pastel dan sudah berdiri sejak abad ke-16 yang lalu.

Di Chania juga ada bandar udara yang terletak di timur laut kota Akrotiri. Dengan adanya bandar udara tersebut, maka para wisatawan pun jadi mudah saat hendak mengunjungi pantai terbaiknya. Sebut saja Elafonissi dan Balos. Begitu pula ketika hendak mendaki perbukitan batu di Samaria Gorge.

Rethymnon

Dengan dibekali travel insurance, perjalanan ke sepanjang Pulau Crete jadi aman. Termasuk ke kota tua yang dicintai ini. Rethymnon dibangun pada era Venetian kisaran tahun 1669 hingga 1898 yang lalu. Banyak bangunan bersejarah yang berdiri di Rethymnon. Semua desain arsitekturnya bergaya Turki sehingga tampak seperti bangunan masjid.

Di sekitar Rethymnon juga ada beberapa hotel butik, pusat perbelanjaan, kedai minuman, dan juga pantai berpasir indah di sebelah timur bangunan Rethymnon. Ada juga pegunungan di belakang Rethymnon yang ditempati oleh rumah-rumah orang desa. Tempat wisata yang bagus di dekat Rethymnon adalah Samaria Gorge dan juga Mount Psiloritis.

Pantai Palm

Pantai ini terkenal dengan warnanya yang keemasan. Lokasinya berada di sebelah timur Pulau Crete. Menurut legenda lokal, pohon-pohon palem yang tumbuh di sekitar pantai itu berasal dari abad ke-9. Herannya sampai sekarang masih bertahan hidup. Di sekitar pantai juga ada kafe untuk menyegarkan suasana setelah puas menelusuri garis pantai.

Biasanya, para turis asal Tanah Air menggunakan travel insurance sekaligus paket tur perjalanan ke Pulau Crete. Tujuannya agar saat kemungkinan buruk terjadi, semisal kecelakaan, penyakit kambuh, langsung bisa mendapatkan bantuan. Berhubung letaknya cukup jauh dari Tanah Air, mungkin bantuan bisa berupa uang ataupun dari KBRI.

Leave a Reply

Top