You are here
Home > Kesehatan

Atasi Cacingan Dengan 6 Bahan Alami Ini

Atasi Cacingan Dengan 6 Bahan Alami Ini

Cacingan umumnya disebabkan oleh kurangnya dalam menjaga kebersihan. Penyakit ini sangat sering menyerang anak-anak. Jika terlanjur terinfeksi oleh penyakit cacingan ini, maka dampaknya akan sangat buruk bagi kesehatan. Yaitu seperti berkurangnya nafsu makan, muntah-muntah, diare yang hebat, hingga badan menjadi mudah lelah dan lemas.

Cacingan

Tentu hal ini akan menjadi kekhawatiran tersendiri bagi Anda. Apalagi jika si kecil yang semula ceria mendadak lemas dan tidak bersemangat karena sakit. Untuk itu ada baiknya Anda segera melakukan upaya pengobatan.

Berikut adalah bahan-bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi cacingan pada anak.

  1. Biji delima

Buah yang satu ini ternyata sangat ampuh dalam membasmi cacing yang terlanjur menginfeksi saluran pencernaan kita. Cara mengomsumsinya yaitu dengan menumbuk buah delima hingga halus, lalu masukkan kedalam 2 air gelas, rebus hingga mendidih, jika telah selesai direbus, segera campurkan dengan gula merah. Obat cacing khas buah delima siap untuk dikonsumsi.

  1. Wortel

Wortel selain kaya akan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, sayur ini juga berperan untuk membunuh cacing pita, dengan memakan satu batang sayur wortel setiap minggunya, maka akan cukup ampuh untuk terbebas dari penyakit cacingan.

  1. Bawang putih

Cacing sangat tidak menyukai aroma bawang putih dan zat kimia yang terkandung di dalamnya, dan salah satu cara untuk menomsumsi bawang putih, yaitu dengan mencampurkan 3 butir bawang putih dengan 30 gram akar buah papaya dan potongan gula merah.

Rebus semua campuran itu dengan air bersih yang memiliki takaran sekitar 600 cc, lalu angkat rebusan jika takaran telah berubah menjadi 300 cc. Minum air rebusan hangat tersebut, dan lalukan hal ini selama 2 kali dalam sehari.

  1. Daun papaya

Selanjutnya adalah daun papaya, yang ternyata juga berperan penting untuk membunuh cacing yang terlanjur menginfeksi saluran pencernaan.

Cara mengomsumsinya yaitu dengan siapkan 1 lembar daun papaya dan 12 gram akar bungan melati, rebus dengan 600 cc air bersih, lalu angkat jika rebusan telah berubah takarannya menjadi 300 cc. Setelah itu rebusan siap untuk diminum sebanyak 2 kali dalam sehari.

  1. Air Garam

Selanjutnya ada air garam, jika meminumnya secara rutin dan teratur maka secara otomatis cacing kremi akan keluar dengan sendirinya dari tubuh yang telah diinfeksi

  1. Kulit mangga

Kulit mangga adalah salah satu dari bahan alami yang ampuh untuk mengobati penyakit cacingan. Hal ini dikarenakan karna kulit mangga mengandung daya antelmitik yang berguna untuk membasmi larva, cacing, bakteri, kuman yang menjangkit di dalam saluran pencernaan.

Cara mengolahnya yaitu dengan merebus kulit mangga terlebih dahulu selama 15 menit. Lalu minum selagi hangat, lalukan terus kegiatan ini secara teratur hingga cacing berhasil keluar dengan sendirinya dari dalam tubuh.

Demikianlah beberapa cara mengatasi penyakit cacingan menggunakan bahan-bahan alami. Bahan-bahan di atas sangat mudah ditemukan di sekitar kita. Jadi ketika mendapati anak mengalami penyakit ini ada baiknya Anda bergegas memberikan bahan-bahan tadi sebagai upaya pengobatan.

Anak-anak masih memiliki kekebalan tubuh yang lemah sehingga lebih rentan terserang penyakit. Oleh karena itu pastikan Anda memperhatikan betul kebersihan dari makanan, pakaian maupun tempat tinggal agar tidak dijadikan sebagai sarang bakteri dan virus. Sampaikan juga pada si kecil untuk tidak jajan sembarangan, karena jajanan di luar sana belum terjamin kebersihannya.

Leave a Reply

Top