You are here
Home > Keluarga

Resep MPASI Lanjutan yang Tepat untuk Bayi Usia 10 Bulan

Kalau resep MPASI yang diberikan ibu di usia bayi 6 bulan sudah tepat, maka untuk resep selanjutnya pasti akan lebih mudah. Ibu sudah tahu apa yang disukai dan tidak disukai anak. Seperti menu MPASI untuk bayi berusia 10 bulan yang bisa dibuat ibu dengan tetap melumatkan makanan namun teksturnya sudah berbeda. 

Resep MPASI

Untuk bayi usia di atas 6 bulan, ibu bisa memberikan makanan yang sedikit padat. Tetap masih lembek namun tidak terlalu lembek atau mengalir seperti cairan kental, melainkan sudah seperti bubur orang dewasa. Tujuannya adalah untuk melatih bayi untuk makan makanan yang lebih bervariasi teksturnya. Apalagi makanan yang teksturnya seperti ini sudah hampir seperti makanan orang dewasa.

 Jenis bahan makanan yang diberikan kepada bayi pun juga lebih bervariasi. Lebih banyak jenis bahan makanan yang bisa dibuat. Pencernaan bayi pun sudah lebih kuat dan terbiasa dengan berbagai jenis makanan. Ibu pun bisa menyukai bayi dengan 3 kali jadwal makan, yakni pagi, siang, dan sore. Lebih sering memberi makan pun sudah tidak masalah.

 Walaupun sudah makan 3 kali sehari, resep MPASI bayi 10 bulan masih harus diperhatikan. Kebanyakan ibu tidak kreatif dengan memberikan jenis bahan makanan yang sama seperti menu MPASI pertama. Padahal bayi juga memiliki rasa bosan. Alhasil bayi menjadi kurang nafsu makan. Berat badan pun semakin menurun.

 Pemberian MPASI bayi untuk usia 6 bulan ini sangat penting untuk memberikan energi tambahan bagi bayi yang sudah banyak aktivitasnya. Mereka sudah merangkak, berlatih berjalan, dan aktivitas yang lainnya sehingga membutuhkan banyak tenaga. Kalau hanya makan makanan yang super lembek, maka bayi tidak akan bisa berkembang. Kekurangan energi akan membuat bayi terlihat lemas dan tidak aktif.

 Untuk itulah kunci utama dalam memberikan resep MPASI bayi 10 bulan adalah dengan memberikan makanan yang lebih padat. Cara membuatnya yang paling mudah adalah dengan membuatkan nasi tim dan kemudian memberikan lauk, bisa berupa sayur atau lauk pauk yang mudah dicerna bayi.

 2 Contoh Resep MPASI untuk Bayi 10 Bulan

Dominasi bubur sebagai makanan utama bagi bayi masih banyak diidolakan. Apalagi kalau bubur bisa dibeli di berbagai tempat. Lebih praktis pembuatannya dan tersedia banyak variannya. Ibu pun tidak perlu sibuk di dapur.

 Namun akan lebih baik jika ibu masih tetap memasakkan menu MPASI sendiri. Ini dikarenakan keutamaan dari bahan makanan olahan sendiri lebih bermanfaat bagi tubuh bayi. Terlebih jika bahan makanannya adalah bahan makanan lokal dengan cara memasak yang tepat, maka akan sangat mendukung tumbuh kembang bayi

 Berikut adalah 2 contoh resep makanan pendamping ASI yang bisa ibu terapkan untuk bayi usia 10 bulan :

       Nasi Tim dan Kacang Merah

Kacang merah memberikan banyak manfaat untuk tumbuh kembang bayi karena kandungan protein didalamnya. Kita bisa menggunakan kacang merah untuk berbagai macam olahan. Salah satunya adalah dibuat bubur dengan nasi tim.

Berikut adalah tata cara membuatnya :

Bahan :

        Minyak kelapa secukupnya

        Labu Siam

        Kacang merah sebanyak 2 sendok makan

        Nasi arin sebanyak 2 ½ sendok makan

        Seledri

        Daun bawang

        Bawang Bombay

Langkah pembuatannya :

         Tumbuk kacang merah. Caranya bisa langsung ditumbuk atau direbus terlebih dahulu. Menumbuknya tidak perlu terlalu halus, melainkan bisa ditumbuk dengan kasar.

        Mengiris-iris labu siam. Iris tipis-tipis dengan tujuan yang jelas, yakni memudahkan bayi untuk menelan.

        Campurkan kedua bahan tersebut ke dalam wadah tim. Campur dengan merata.

        Tambahkan air secukupnya

        Masukkan minyak kelapa sebanyak 1 sendok teh.

        Tim semuanya hingga matang.

        Tunggu dingin sebelum menghidangkan untuk bayi.

       Nasi Tim dan Bayam dengan Saos Pepaya

 Bayam juga menjadi salah satu bahan makanan yang paling banyak diminati. Bayam sangat mudah diolah dengan berbagai menu. Cara menghaluskannya untuk dibuat MPASI pun juga sangat mudah. Salah satunya adalah dengan membuatkan resep MPASI dengan bahan dasar nasi tim dan bayam. Berikut adalah cara pembuatannya :

        Sebelumnya, siapkan bahan-bahan yang diperlukan :

        Tempe goreng tanpa garam

         Nasi tim

         Pepaya,

        Air kaldu

         Bayam

        Wortel

       Cara pembuatan yang paling awal adalah membuat sausnya terlebih dahulu. Untuk membuat saus, kita menghaluskan pepaya. Blender hingga halus.

       Setelah saus jadi, maka kita bisa membuat makanan utamanya, yakni dengan mencampurkan nasi tim, bayam, wortel, dan kaldu lalu di tim.

       Setelah masak, suapkan kepada bayi dengan menaruh sausnya saat akan dimakan. Tidak harus dicampurkan semuanya.

 Berikan cita rasa lidah bayi yang lezat. Olahan makanan bisa kapan saja di buat dengan berbagai macam bahan makanan pilihan. Penggunaan resep MPASI bayi 10 bulan bisa didapatkan juga dengan mengombinasikan MPASI perdananya. 

Leave a Reply

Top